Sensasi Air Terjun di Cimahi

Curug Cimahi
Air Terjun atau Curug Cimahi terletak sekitar 10 km di Utara Kota Bandung, tepatnya di kota Cimahi bisa anda temui setelah melalui jalan Sersan Bajuri ke arah Universitas Advent Indonesia menuju ke terminal Parongpong.Air terjun yang terdapat diantara perbatasan antara Kota Bandung dan Kota Cimahi. Curug Cimahi nama air terjun tersebut. Curug Cimahi berasal dari kata curug (bahasa Sunda) yang berarti air terjun. Sedangkan kata Cimahi berasal dari nama sungai yang mengalir di atasnya, yaitu Sungai Cimahi yang berhulu di Situ (danau) Lembang.
 Lokasi Curug Cimahi sendiri cukup mudah untuk dijangkau baik dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Pintu masuk Curug Cimahi teletak tepat pada sebuah terminal angkot, sehingga tidaklah sulit untuk mencarinya. Terdapat tempat parkir motor maupun mobil bagi yang membawa kendaraan pribadi.Pada pintu masuk Curug Cimahi kita dikenakan biaya sebesar Rp. 3.000,- untuk setiap orangnya. Bukan harga yang tebilang besar untuk menikmati keindahan alam ciptaan Tuhan.
Untuk menuju lokasi air terjun Curug Cimahi, kita harus melewati ratusan anak tangga. Selama anda melewati anak tangga tersebut menyusuri jalanan menurun yang dikelilingi oleh pepohonan, sesekali anda akan dikejutkan dengan lompatan monyet yang mungkin juga mendekati anda.
Tenang saja, monyet-monyet ini tidak buas. Mereka cukup jinak, mareka hanya menantikan para pengunjung memberikan makanan.Cukup melelahkan memang ketika kita melewati ratusan anak tangga tersebut. Tetapi, jangan khawatir karena semua kelelahan akan sirna ketika anda melihat air terjun yang tingginya sekitar 75m buatan Sang Mahakuasa itu.
Suara alam dan desiran angin cukup menambah kesejukkan objek wisata ini. Karena besar dan derasnya air terjun Curug Cimahi ini, anda dapat merasakan percikan airnya dari kejauhan. Suasana dingin di lokasi ini mungkin bisa saja akan membuat anda menjadi lapar. Tak perlu risau, karena di pinggiran air terjun tersedia juga beberapa warung yang menjual makanan dan juga pengelola objek wisata inimenyediakan saung/pondok untuk tempat peristirahatan.
Menurut cerita yang berkembang dalam masyarakat setempat, menadahkan badan di bawah siraman air terjun ini dipercaya dapat menyembuhkan penyakit, terapi kesehatan, dan pembangkit aura. Sebab, air terjun tersebut memancarkan aura positif yang akan membantu meningkatkan energi tubuh dan memacu proses kesembuhan.
Curug cimahi  beroperasi setiap hari pada pukul 08.00 pagi – 17.00 sore. Tidak ada alasan untuk tidak pernah ke lokasi ini karena kebersihan Curug Cimahi yang dibuka menjadi Objek wisata sejak tahun 1980 ini masih sangat terjaga.
Saran FW jika mengujungi Curug Cimahi adalah jangan pergi ke Curug Cimahi pada musim hujan karena jalan menuju situs sangat licin. Usahakan sampai di situs dibawah jam 12 siang agar tidak pulang terlalu sore karena ketika pulang kita harus menaiki tangga yang cukup tinggi dan memakan tenaga. Siapkan fisik dan mental jika tidak anda akan mudah untuk turun ke bawah tetapi sulit untuk pulang ke atas. Jika anda tidak mau masuk angin karena cipratan air curug sebaikya membawa baju ganti.[Editoring FW / 2010]

4 komentar:

Anonim [Reply Comment] mengatakan...

tau aja.kemrin saya niat mau kesana tapi bingung ada apa.

thanks

Eghi Fachridhzoe Aszhry [Reply Comment] mengatakan...

iya Tim FW akan Selalu memenuhi semua keiginan FW Turis

Anonim [Reply Comment] mengatakan...

ok

cari tiket pesawat [Reply Comment] mengatakan...

makasih gan atas sarannya,,
nih sudah mulai musim penghujan,,
takutnya licin,,
kalau main kesana waktu musim kemarau saja agar lebih aman,,
thans banget gan infonya,,

Poskan Komentar

=> Fachridhzoe Wisata <=