Wisata Rohani di Masjid Raya Bandung

Masjid Raya Bandung
Masjid Raya Bandung Provinsi Jawa Barat yang dulu dikenal dengan Masjid Agung Bandung, selesai dibangun kembali pada 13 Januari 2006. Pembangunan itu termasuk dengan penataan ulang Alun-alun Bandung, pembangunan dua lantai basement dan taman kota sekaligus halaman masjid yang dapat dipergunakan untuk kegiatan seni budaya serta salat Idul Fitri dan Idul Adha. Secara resmi pembangunan fisik masjid, membutuhkan waktu : 829 hari atau 2 tahun 99 hari, sejak peletakan batu pertama 25 Februari 2001 sampai peresmian Masjid Raya Bandung 4 Juni 2003 yang diresmikan oleh Gubernur Jabar saat itu: H.R. Nuriana.

Masjid Raya Bandung yang saat ini berdiri megah di sebelah barat alun-alun Bandung sejak pembangunannya pada tahun 1810 sudah mengalami sedikitnya tujuh kali perombakkan.
Pada awal berdirinya, masjid yang diberi nama Masjid Agung Bandung hanyalah masjid tradisional biasa berbentuk bangunan panggung yang terbuat dari bilik bambu dan atapnya dari rumbia dengan kolam tempat mengambil wudhu yang cukup luas dihalaman depannya. Perlu diketahui juga, ternyata kolam besar tersebut pernah berperan penting saat terjadi kebakaran yang melanda kawasan alun-alun yang airnya digunakan warga untuk memadamkan api waktu itu.Awal perombakkan masjid ini dilakukan pada tahun 1826 dengan mengganti bilik bambu pada dindingnya serta atapnya dengan bahan dari kayu. Seiring pembangunan Jl Groote Postweg, sekarang bernama Jl Asia Afrika, masjid kecil tersebut pun ikut mengalami perombakkan dan perluasan pada tahun 1850. Waktu itu atas instruksi Bupati R.A Wiranatakusumah IV atap masjid diganti dengan genteng sedangkan didingnya diganti dengan tembok batu-bata.
Kemegahan masjid bandung waktu itu sampai-sampai terabadikan dalam gambar oleh seorang pelukis Inggris bernama W Spreat pada tahun 1852. Dari gambar tersebut, terlihat atap yang tinggi dan besar dibuat tiga tingkat berbentuk prisma dan mayarakat menyebutnya dengan sebutan bale nyungcung. Kemudian bangunan masjid kembali mengalami perubahan pada tahun 1875 dengan adanya tambahan pondasi, serta pagar tembok yang mengelilingi masjid.
Seiring perkembangan jaman, masyarakat Bandung menjadikan masjid ini sebagai pusat kegiatan keagamaan yang melibatkan banyak umat seperti pengajian, perayaan Muludan, Rajaban atau peringatan hari besar Islam lain bahkan digunakan sebagai tempat dilangsungkan akad nikah. Sehingga pada tahun 1900 untuk melengkapinya sejumlah perubahan pun dilakukan seperti pembuatan mihrab dan pawestren (teras di samping kiri dan kanan).
Kemudian pada tahun 1930, perombakan kembali dilakukan dengan membangun pendopo sebagai teras masjid serta pembangunan dua buah menara pada kiri dan kanan bangunan dengan puncak menara yang berbentuk persis seperti bentuk atap masjid sehingga semakin mempercatik tampilan masjid. Konon bentuk seperti ini merupakan bentuk terakhir Masjid Agung Bandung dengan kekhasan atap berbentuk nyungcung.

Menjelang konferensi Asia Afrika pada tahun 1955, Masjid Agung Bandung mengalamai perombakan besar-besaran. Atas rancangan Presiden RI pertama, Soekarno, Masjid Agung Bandung mengalami perubahan total diantaranya kubah dari sebelumnya berbentuk "nyungcung" menjadi kubah persegi empat bergaya timur tengah seperti bawang. Selain itu menara di kiri dan kanan masjid serta pawestren berikut teras depan dibongkar sehingga ruangan masjid hanyalah sebuah ruangan besar dengan halaman masjid yang sangat sempit. Keberadaan Masjid Agung Bandung yang baru waktu itu digunakan untuk shalat para tamu peserta Konferensi Asia Afrika.

Keadaan Sekitar Masjid Raya Bandung
Kubah berbentuk bawang rancangan Sukarno hanya bertahan sekitar 15 tahun. Setelah mengalami kerusakan akibat tertiup angin kencang dan pernah diperbaiki pada tahun 1967, kemudian kubah bawang diganti dengan bentuk bukan bawang lagi pada tahun 1970.
Berdasarkan SK Gubernur Jawa Barat tahun 1973, Masjid Agung Bandung mengalami perubahan besar-besaran lagi. Lantai masjid semakin diperluas dan dibuat bertingkat. Terdapat ruang basement sebagai tempat wudlu, lantai dasar tempat shalat utama dan kantor DKM serta lantai atas difungsikan untuk mezanin yang berhubungan langsung dengan serambi luar. Di depan masjid dibangun menara baru dengan ornamen logam berbentuk bulat seperti bawang dan atap kubah masjid berbentuk Joglo.

Perubahan total terjadi lagi pada tahun 2001. Proses pembangunan berlangsung sangat lama hingga memakan waktu dua tahun lebih hingga akhirnya diresmikan oleh Gubernur Jawa Barat R Nuryana pada tahun 2003 dengan nama baru, Masjid Raya Bandung. Seperti yang kita lihat sekarang terdapat dua menara kembar di sisi kiri dan kanan masjid setinggi 81 meter yang selalu dibuka untuk umum setiap hari Sabtu dan Minggu. Atap masjid diganti dari atap joglo menjadi satu kubah besar pada atap tengah dan yang lebih kecil pada atap kiri-kanan masjid serta dinding masjid terbuat dari batu alam kualitas tinggi. Kini luas tanah keseluruhan masjid adalah 23.448 m² dengan luas bangunan 8.575 m² dan dapat menampung sekitar 12.000 jamaah.
Namun sayang, letak Masjid Raya Bandung yang berada di pusat keramaian sekarang lebih banyak dimanfaatkan oleh para pedagang kaki lima dan pengemis yang berjejer di teras, halaman dan trotoar masjid untuk mencari nafkah sekaligus tempat beristirahat para pelancong. Akibatnya nilai sipiritual Masjid Raya Bandung sedikit tergeser karena yang tampak hanyalah kesemrawutan para pedagang daripada jamaahnya.

Wisata Apa aja di Mesjid Raya Bandung ?

Masjid raya bandung mempunyai 2 menara yang tinggi ,menara ini dibuat kembar dengan masing-masing mempunyai 20 lantai ,disini lah kita bisa menaikinya hingga lantai tertinggi dari menara kembar masjid raya bandung hanya dengan membayar Rp 2000 untuk dewasa dan Rp 1000 untuk anak-anak,murah meriah kan ?kalau ke Bandung jangan lupa mampir kesini. Tempatnya sangat strategis, yaitu pusat kota Alun Alun Bandung.Menara dibuka setiap hari sabtu dan minggu,dari sini kita bisa melihat semua kota bandung dari ketinggian mulai gedung konfrensi asia-afrika,pusat perbelanjaan,alun-alun hingga gunung-gunung sekitar bandung.

 Selain wisata di menara masjid raya bandung ,kita bisa sejenak santai di alun-alun mesjid raya bandung disini tersedia aneka macam makanan ringan hingga makanan berat, tidak hanya menjual aneka makanan saja disini juga lengkap menjual aneka-aneka macam kebutuhan hidup primer atau sekunder.bila sore hari alun-alun mesjid raya bandung dipadati dengan warga bandung ada yang cuma sekedar melepas penat ,sengaja datang untuk refreshing bahkan ada sengaja untuk mencoba ibadah di mesjid kebanggan kota bandung ini.
di mesjid raya bandung pun sering mengadakan acara-acara rohani seperti : pengajian ,ceramah akbar (para pengisi ceramah ternama pun sering mengisi acara di mesjid ini),kajian kitab,dll...
tak heran bila masjid ini dijadikan pusat dakwah islam di kota bandung bahkan di provinsi jawa barat.
bagi anda yang berniat wisata ke kota bandung jangan lupa mampir ke mesjid raya bandung sekedar refreshing atau numpang ibadah di mesjid ini.[Editoring FW / 2010]

1 comments:

Eghi [Reply Comment] mengatakan...

Mencoba

Posting Komentar

=> Fachridhzoe Wisata <=