Liburan Seru bersama Keluarga di Wisata Jatiluhur

Apakah sudah tiba waktunya liburan? Yes! Eits, tapi tunggu dulu, apakah Anda sudah menentukan akan pergi ke mana di liburan kali ini? Nah, ini dia salah satu permasalahan kebanyakan keluarga saat liburan tiba. Memang ada banyak sekali alternatif destinasi untuk wisata atau liburan, namun terkadang sulit untuk menentukan yang tepat, apakah itu cocok dengan jarak tempuh, waktu yang dimiliki, atau kapasitas budget yang dimiliki. Kebanyakan keluarga akan lebih memiliki preferensi pada destinasi wisata yang berbau alam, karena udara segar adalah salah satu hal yang dibutuhkan orang tua, terutama yang bekerja, dan udara segar sangat baik untuk anak-anak. Jika Anda salah satu keluarga yang berpikir seperti ini, sudahkah Anda mencoba Wisata Jatiluhuryang ada di Purwakarta?

Lokasi Wisata Jatiluhur

map wisata jatiluhur
map wisata jatiluhur.sumber : google map
Jatiluhur bukanlah salah satu kawasan yang ada di Bekasi, Jawa Barat, melainkan sebuah wisata waduk yang berada di Purwakarta, Jawa Barat. Salah satu destinasi wisata yang ada di Purwakarta ini sudah terkenal keberadaannya baik di dalam kota maupun di luar kotanya. Hal ini karena waduk Jatiluhur sudah bisa dibilang seperti waduk serbaguna. Selain waduknya sendiri, Jatiluhur dilengkapi juga dengan berbagai macam fasilitas wisata, seperti water boom, fasilitas perahu, penginapan, rumah makan, dan lain-lain, sehingga Jatiluhur bisa Anda jadikan destinasi untuk menghabiskan liburan akhir pekan Anda.
wisata jatiluhur
wisata jatiluhur
Wisata Jatiluhur dapat Anda capai dengan menempuh perjalanan sekitar 9 KM saja dari pusat kota Purwakarta. Selain Jatiluhur, waduk ini juga dikenal sebagai bendungan Ir. H. Juanda. Beliau sendiri merupakan seorang tokoh yang banyak berjasa dalam pembangunan bendungan ini. Oh iya, jangan salah, waduk atau bendungan ini merupakan bendungan terbesar se-Indonesia, lho! Keren, kan? Waduk ini tidak sekedar menjadi obyek wisata saja, lho, melainkan juga sebagai sumber pengairan serta sumber listrik alias PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air). Waduk Jatiluhur menjadi sumber irigasi atau pengairan untuk 242,000 hektar sawah di sekitarnya untuk dua kali tanam dalam setahun. Selain itu, waduk ini juga digunakan sebagai sumber air baku air minum, pengendali banjir dan budi daya perikanan juga. Jatiluhur juga merupakan sebuah PLTA yang dilengkapi dengan 6 unit turbin berdaya 187 MW yang memproduksi tenaga listrik hingga 1,000 juta kwh tiap tahunnya. Wah, sangat berguna sekali ya, Jatiluhur ini!
waduk jatiluhur
waduk jatiluhur
Sebagai sebuah destinasi wisata khususnya untuk keluarga, Jatiluhur juga tidak kalah menyenangkan dan lengkap dengan destinasi wisata alam lainnya. Jatiluhur memiliki berbagai fasilitas wisata seperti kolam renang atau water park yang dilengkapi dengan water slide atau water boom-nya, sarana rekreasi air seperti penyewahan perahu untuk berkeliling, olahraga air seperti sampan, water ski, dan lainnya, playground, serta beberapa fasilitas olahraga lain seperti lapangan tennis dan biliar. Jatiluhur juga sudah dilengkapi dengan fasilitas wisata lainnya seperti penginapan berupa hotel, bungalow dan bumi perkemahan, tempat makan, restoran, bar serta ruang pertemuan. Lengkap sekali, kan?
Untuk kegiatan yang dapat Anda lakukan selama di sana, Anda bisa merelaksasi diri dengan pemandangan cantik dan indah dari Waduk Jatiluhur dengan hamparan waduknya yang luas membentang, serta panorama alam yang hijau dari deretan pegunungan serta perbukitan di sekitar waduk Jatiluhur.
panorama wisata jatiluhur
panorama wisata jatiluhur
Pemandangan yang akan Anda dapatkan di sini mungkin akan mengingatkan Anda pada sebuah destinasi wisata alam di Vietnam yaitu Ha Long BayWisata Jatiluhur tidak kalah indah kok dari waduk luar negeri!

0 comments:

Poskan Komentar

=> Fachridhzoe Wisata <=